Selasa, 13 Maret 2012

Penyerahan Gerobak Dorong kepada Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) di Bira

Penandatanganan berita acara penye-
rahan  bantuan gerobak oleh Kadis
Budpar dan PKL

Pada hari Minggu,11 Maret 2012 Wakil Bupati Bulukumba H. Syamsuddin atas nama pemerintah kabupaten Bulukumba menyerahkan secara simbolis gerobak dorong kepada pedagang kreatif lapangan (PKL) di kawasan pantai pasir putih Tanjung Bira, yang merupakan bantuan dari perbankan dan koperasi yang ada di daerah ini, antara lain Bank Sulselbar, BRI, BNI, dan Koperasi Berkat Bulukumba.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bulukumba mengatakan bantuan gerobak dorong ini merupakan jawaban atas berbagai keluhan dari pengunjung Bira yang mengatakan pantai Bira terkesan tidak tertata dan pengunjung merasa tidak dapat menikmati obyek wisata ini dengan maksimal karena terhalang oleh banyaknya tenda-tenda PKL yang terkesan semrawut. Juga sebagai jawaban atas tantangan yang dilontarkan oleh Bapak Gubernur Sulawesi Selatan yang pernah berkunjung ke obyek wisata ini beberapa waktu lalu yang mengatakan obyek wisata ini perlu ditata lebih baik lagi terutama PKL, yang mana beliau menantang pihak pemda agar kunjungan gubernur yang akan datang PKL di Bira akan lebih tertata lagi dan beliau mengharapkan agar tidak ada lagi tenda-tenda di sepanjang pantai ini. Oleh karena itu, pihak pemda menggalang pihak perbankan dan koperasi di daerah ini untuk ikut berpartisipasi dalam hal menata PKL di Bira dalam bentuk bantuan gerobak dorong.
Beberapa gerobak dorong bantuan
dari perbankan di Bulukumba

Dalam acara ini turut memberikan sambutan adalah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Bulukumba, beliau berharap dengan adanya bantuan gerobak dorong ini, para PKL juga ikut menata kebersihan pantai baik sebelum maupun saat selesai berjualan agar kesan obyek wisata yang merupakan andalan daerah ini dapat memberikan kesan yang lebih  baik lagi bagi pengunjung. Selain itu, beliau juga menegaskan bahwa PKL merupakan mitra pemerintah dalam memajukan pariwisata di daerah ini, bukannya musuh pemerintah yang harus dikejar-kejar. PKL memberikan sumbangsih yang cukup besar dalam sektor pariwisata, karena PKL ini dapat menyediakan kebutuhan wisatawan selama berada di lokasi obyek wisata. Selain itu, bantuan gerobak dorong ini tidak dipungut biaya sesenpun dan PKL tidak akan dibebankan kewajiban apapun selain harus tetap menjaga kebersihan di sekitar obyek wisata khususnya di area dagangannya. Dalam penyerahan bantuan tahap awal ini, PKL yang memperoleh bantuan sebanyak 25 orang dari sekitar 60 PKL yang ada di Tanjung Bira. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar