Rabu, 04 Juli 2012

Festival Pinisi III 2012


      Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kembali menggelar Festival Pinisi pada tahun ini dengan tajuk Festival Pinisi III tahun 2012 “Harmoni Budaya Bulukumba”. Dengan penuh keterbatasan baik dari segi waktu dan anggaran event tahunan ini tetap digelar untuk lebih memperkenalkan potensi wisata di Kabupaten  dengan julukan “Bumi Panria Lopi” ini.
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, event pada tahun ini dipusatkan di kota Bulukumba yang mana dua tahun pelaksannaan Festival Pinisi yang lalu dipusatkan di obyek wisata Tanjung Bira. Alasan pemilihan lokasi di pusat kota ini adalah karena antara lain dalam event kali ini terdapat element Pawai Budaya yang mana akan ada arak-arakan perwakilan dari 10 kecamatan di Bulukumba yang akan menampilkan potensi unggulan yang salah satunya adalah potensi wisata di wilayahnya, yang mana arak-arakan ini hanya bisa dilakukan di tengah kota. Selain itu masih dalam rangkaian Festival Pinisi tahun ini adalah Kemah Budaya yang akan diikuti oleh siswa-siswi se Kabupaten Bulukumba serta undangan dari daerah lain yang bertujuan untuk lebih memperkokoh pendalaman siswa tentang budaya lokal di daerah ini khususnya serta kebudayaan nasional pada umumnya.
Event yang diselenggarakan dari tanggal 6 Juli sampai 8 Juli 2012 ini juga akan dimeriahkan dengan “Konser Seni Budaya dan Musik Tradisi” yang menampilkan seniman-seniman dari Makassar dan Bumi Panrita Lopi di antaranya, Indonesia Muda Arts Makassar, Sanggar Seni  Al Farabi, Musik Tauriolo, Sanggar Seni Adinda, Yombo Arts Bulukumba , Gajah Mada Band dan masih banyak lagi seniman lainnya yang ikut serta dalam acara ini. (Ubayd-Budpar)

1 komentar:

  1. Artikel di atas sudah sy copas ke http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/2012/07/festival-pinisi-iii-2012.html

    BalasHapus