Selasa, 20 Desember 2011

Ayo! Jaga Kelestarian Terumbu Karang Tanjung Bira

Sumber : http://makassar.tribunnews.com/2011/12/19/ayo-jaga-kelestarian-terumbu-karang-tanjung-bira

Laporan: Nirwan, Mahasiswa Ilmu Kelautan Unhas (Anggota MSDC UH),
melaporkan dari Tanjung Bira Kab. Bulukumba 
TRIBUN-TIMUR.COM - Minggu 18 Desember 2011 PNPM Pariwisata Desa Bira Kab. Bulukumba melakukan rehabilitasi terumbu karang di pantai Tanjung Bira. Kegiatan rehabilitasi karang ini berupa transplantasi karang atau biasa disebut menanam karang di atas meja. 

Kegiatan transplantasi  yang dilaksanakan oleh PNPM Pariwisata Bira dibantu 2 mahasiswa  Kelautan Universitas Hasanuddin dari Club selam Marine Science Diving Club dan Bang Hadi dari Anda Dive Center Bira.
Wawan selaku ketua dari PNPM Pariwisata Bira mengatakan kondisi karang di Bira sudah sangat memprihatinkan karena maraknya nelayan yang melakukan pengoboman ikan dan pembiusan, yang membuat karang menjadi mati. 
Wawan berharap dengan adanya kegiatan rehabilitasi terumbu karang di Bira bisa membuat sadar nelayan untuk menjaga terumbu karang, karena sudah beberapa kali telah diadakan penyuluhan tentang pentingnya terumbu karang.
Kegiatan rehabilitasi ini terbukti menarik perhatian nelayan dan pengunjung wisata tanjung Bira bahkan banyak yang menanyakan untuk apa kegiatan tersebut. Kegiatan ini bisa menjadi shock therapy bagi nelayan akan pentingnya terumbu karang.
Tujuan dari kegiatan ini untuk memulihkan kondisi terumbu karang yang ada di Tanjung bira yang telah rusak. Selain itu rehabilitasi terumbu karang bermanfaat bagi pengusaha wisata di Tanjung Bira, karena keindahan terumbu karang sangat disukai para wisatawan. Ini di dukung dengan terkenalnya Tanjung Bira di dunia sebagai tempat wisata yang sangat indah.(*/tribun-timur.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar